Label

Sabtu, 31 Maret 2012

Rukun Iman

Tiap-tiap seorang yang mau mendapat keselamatan dan bahagia di akhirat, wajib percaya kepada enam perkara

Tiap-tiap satu daripada enam perkara yang wajib ia percaya dinamakan rukun iman, dan orang yang beriman dinamakan mu'min.

Rukun - Rukun Iman

Rukun iman ada 6 perkara

  1. Iman kepada Allah SWT
  2. Iman kepada malaikat
  3. Iman kepada Kitab-kitabNya
  4. Iman kepada Rasul-rasulNya
  5. Iman kepada hari akhir
  6. Iman kepada Qodo dan Qodar
Rukun yang pertama:

Beriman kepada Allah SWT ialah percay, bahwa Allah itu Ada. Bahawa Allah bersifat tiap-tiap sifat yang baik dan jauh daripada tiap-tiap sifat yang tidak baik, bersifat tiap-tiap sifat yang mulia, dan suci daripada tiap-tiap sifat yang tercela.

Rukun yang kedua:

Beriman kepada malaikat itu ialah percaya, bahwa Allah telah jadikan satu jenis makhluk yang tidak sama dengan kita ditentang sifat-sifat dan pekerjaannya, bukan laki-laki, bukan perempuan, tidak makan/minum, tidak dapat dilihat dengan mata biasa. Mereka itu menjadi pegawai-pegawai Tuhan nuat mengurus apa saja yang diperintahkan dan tidak pernah melanggar perintah Allah

Rukun yang ketiga:

Beriman kepada kitab maksudnya ialah percaya bahwa Allah telah menitah beberapa banyak hukum kepada tiap-tiap Rasul-Nya. Titah-titah itu dikumpulkan oleh tiap-tiap Rasul, dan kumpulan dari titah-titah itulah dikatakan kitab-kitabNya. Maka wajib kita percaya, bahwa tiap-tiap hukum yang dibawa oleh tiap-tiap Rasul itu bukan buatan mereka sendiri, melainkan perintah dari Allah atau dengan perantara malaikat.

Rukun yang keempat:

Beriman kepada Rasul itu ialah percaya bahwa Allah telah memilih pada satu-satu masa yang telah lalu, seorang Rasul menyampaikan perintah-perintahNya kepada manusia, yaitu perintah perintah untuk kebaikan dunia dan akhirat.

Rukun yang kelima:

Beriman kepada hari akhir ialah percaya bahwa nanti akan datang satu hari yang sekalian makhluk kelak binasa dan sekalian manusia akan dibangkitkan kembali untuk diperiksa amal baik dan jahat masing-masing. Yang mana jika amal baiknya lebih banyak daripada amal jahatnya akan mendapatkan kebahagiaan disurga, dan sebaliknya jika amal jahatnya lebih banyak daripada amal baiknya akan mendapatkan siksa di neraka

Rukun keenam:

Yaitu percaya bahwa nasib masing-masing makhluk, telah ditentukan dan tidak dapat diubah, maupun jahat ataupun baik

Semoga bermanfaat,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar